- Door Prize RAT diperbanyak lagi kalau perlu tiap orang dapat souvenir kehadiran ?
- Untuk tahun ini doo prize yang diberitakan pada anggota sudah banyak , ada 70 jenis hadiah yang diberikan pada anggota, termasuk 10 hadiah utama kalau dbandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya sudah ada peningkatan jumlah dan jenis door prize yang diberikan pada anggota.
- Pelayanan sudah bagus , Mohon ada seragam untuk anggota ?
- Seragam untuk anggota mohon maaf tahun ini masih belum kami realisasikan, namum jika anggota mau menghendakinya kami kembalikan lagi pada anggota mengenai permintaan seragam untuk anggota , tentunya nantinya akan mengurangi pada SHU anggota.
- Untuk RAT dapat seragam untuk anggota biar keliatan rapi dan sama.
- Untuk tahun ini belum, karena yang jelas, biaya besar dan akan berpengaruh pada SHU tetapi ini merupakan PR bagi pengurus.
- Kalau bisa kalender tahunan di ganti Jam dinding .
- Permintaan anggota ini, kami kembalikan lagi pada anggota. Bagaimana apakah setuju sekiranya kalender tahunan di ganti jam dinding.
- Simpanan pokok anggota yang dari awal kalau bisa diberitahu jumlahnya pada saat RAT dalam bentuk print out.
- Simpanan pokok/ wajib dan hasil SHU sudah kami print out, bahkan kami lampirkan pada laporan pertanggungjawaban pengurus tahun 2012, kalau seumpama anggota masih kurang jelas diharapakan nanti bisa meminta print out ke karyawan simpan pinjam.
- Pengajuan pinjaman yang sudah disetujui kalau bisa jangan terlalu lama pencairannya.
- Selama ini kami telah melakukan prosedur yang ada , jika syarat-syarat pengajuan pinjaman sudah lengkap; mengisi formulir, Tanda tangan bendahara koperasi, Tanda tangan bendahara Gaji, tanda tangan ketua koperasi, setelah syarat lengkap . kami langsung mencairkan pinjaman nga’ pakai lama ( GPL )
- Biar administrasi tertib untuk realisasi dan pelunasan penjaman ditetapkan antara tanggal 5 s/d 20 setiap bulannya, soalnya tiap tanggal 20 data potongan gaji sudah masuk ke BPD ” Bank Jatim ”
- Kenapa RAT tahun ini kok terlambat ?
- Sebenarnya tidak terlambat, di aturan /perundangan no. 25 tahun 1992 tentang koperasi itu RAT pelaksnaannya ditentukan pada bulan Januari s/d Maret. Untuk tahun RAT tahun 2012 KPRI Karya Husada memang melaksanakan pada awal bulan Maret tentunya ada alasan : Auditor keuangan , Administrasi, Keterbatasan tempat pelaksanaan RAT ( Booking tempat ), Kami selaku pengurus minta ma’af jika pelaksanaan RAT pada tahun ini dirasa oleh anggota ada keterlambatan dalam pelaksanaannya, yang jelas kami tidak mengurangi SHU dari Anggota.
- Bunga pinjaman di turunkan dan besar pinjaman di naikkan ?
- Kalau kita menurunkan bunga pinjaman secara tidak langsung akan berdampak pada penurunan SHU anggota.
- Selama gaji masih bisa di potong, akan kami akan pertimbangkan . intinya kita tidak membatasi selama pembayaran angsuran melalui potong gaji.
- Berkaitan dengan inovasi mohon kesejahteraan karyawan dan anggota di tingkatkan dengan jangka pinjaman tenaga Magang bisa 2 tahun, agar pendapatan dan kesejahteraan anggota bertambah, tenaga magang punya simpanan wajib yang bisa dijaminkan untuk pinjaman jangka 2 tahun.
- Kami akan mempelajari lebih lanjut , Masukan anggota ini, pengurus akan mempelajarinya , dimungkinkan bagi tenaga magang yang simpanan wajibnya sudah cukup sebagai jaminan , tentunya kami siap akan memberikan pinjaman dengan jangka waktu 2 tahun, dengan mempertimbangkan syarat-syarat ketentuan lainnya
- Kalau bisa yang tenaga Magang pinjam uang jangka waktunya jangan 1 tahun kalau bisa lebih dari 1 tahun.
- Untuk Anggota yang berstatus magang atau kontrak memang dibatasi nominalnya dan jangka pembayaran karena disesuaikan dengan gaji yang diterima dan masa kontraknya.
- Untuk tenaga magang masih diberikan pinjaman maksimal 5 juta, dengan alasan jika melebihi angka tersebut akan memberatkan angsuran pada koperasi.
- Kalender tahunan lebih baik gambar kegiatan Dinas Kesehatan Kota Probolinggo / Puskesmas
- Sebenarnya pengurus sudah mengusahakan untuk tahun ini , namun karena pembiayaan terlalu besar , yang nantinya takut berdampak pada nilai SHU anggota maka, ma’af tahun ini masih belum memenuhi permintaan anggota, Insyaallah tahun depan , jika Anggota menginginkan , kami akan mengusahakan kalender bernuansa selebriti dinkes dan puskesmas, dengan mempertimbangkan anggaran .
- Untuk unit pertokoan , voucher belanja mohon di tambah dan ditambah produk kosmetik di unit pertokoannya.
- Untuk voucher belanja sudah kami usahakan ada tiap tanggal 1 (satu ) bersamaan dengan arisan sistem gugur , walupun jumlah vouchernya relatif murah ( 3 orang @ Rp. 30.000,- )
- Untuk produk kosmetik di koperasi sudah kami sediakan walupun Cuma kosmetik dasarnya aja,untuk kosmetik varian banyak mungkin masih sulit terlaksana karena mengingat ruang koperasi sempit, Insyaallah akan diusahakan tahun depan setelah renovasi dan perluasan ruangan.
- Besarnya simpanan berjangka di mohon untuk ditambah lebih dari ( ≥ 20 juta).
- Ini sebenarnya hanya pengaturan aja, karena kalau nilai deposito diatas ≥ 20 juta akan dikenakan pajak sebesar 20 % atas bunga yang diterimakan( Peraturan Pemerintah No. 131 TAHUN 2000 Jo Keputusan Menteri Keuangan No. 51/KMK.04/2001 ) tentang PAJAK PENGHASILAN ATAS BUNGA DEPOSITO DAN TABUNGAN SERTA DISKONTO SERTIFIKAT BANK INDONESIA
- Uang SHU mohon di tambah.
- Besar kecilnya SHU tergantung pada : Peran serta anggota dalam kegiatan usaha koperasi ; simpan pinjam dikoperasi, sering belanja dikoperasi dan simpanan pokok & wajib Anggota.
- Tambah tenaga keuangan di koperasi , kasihan bu naning ?
- Untuk tambahan tenaga pada tahun ini masih cukup ini didasarkan pada beban kerja dan analisis kami, untuk karyawan masih dirasa cukup dalam melayani anggota secara prima.
- Untuk foto copy mohon kertasnya yang bagus agak tebal ?
- Selama ini pelayanan foto copy sudah baik, adapun kertas yang digunakan adalah kertas ukuran standart ( F4 70 mmgr ), jadi saya kira sudah agak tebal jika dibandingkan dengan ukuran 60 mmgr.
- Untuk tabungan hari raya untuk bingkisan tetap aja, berupa barang ?
- Mohon ma’af , untuk tabungan Hari Raya tahun ini , pengurus sudah menyampaikan kepada koordinator bahwa bonus THR tahun ini berupa uang bukan bingkisan , karena nilai barang selalu naik.
- Untuk ampra pinjaman kredit plafonnya di naikkan maximal Rp. 50.000.000 ( lima puluh juta rupiah )
- Selama bisa di potong gaji, mongo dipersilahkan ( Max angsuran 48 kali / 4 tahun )
- Bagi yang kompen / pelunasan belum waktunya , sisa angsuran yang dibayarkan tanpa bunga ( dihitung hanyak pokoknya saja )
- Iya, selama ini bila menutup/ kompen Cuma membayar nilai pokonya , aja ( Sistem yang di pakai koperasi, bunga menurun )
- Setelah arisan sistem gugur selesai tolong dibuat arisan liburan aja....biar semua anggota bisa ngelencer dan tambah akrab.
- Untuk sementara ini, koperasi belum bisa karena membutuhkan koordinasi lebih lanjut.
- Jam tutup kasir koperasi jangan jam 2 sore, harap diperpanjang, karena kalau yang dari puskesmas jamnya mepet bahkan sering di tolak karena kasir sudah tutup.
- Hal ini berkaitan dengan administrasi/ kas yang harus diselesaikan hari itu juga
- Bingkisan untuk lebaran , lebih bagus lagi.
- Pengurus akan berusaha untuk meningkatkan , karena berkaitan dengan nilai SHU anggota
- Jangka waktu pinjaman di perpanjang sampai 5 tahun.
- Koperasi belum bisa memberikan kredit dengan jangka waktu lebih dari 4 tahun karena hal ini berkaitan dengan perputaran uang dan seringnya mutasi pegawai.
- Mohon dalam memberikan pelayanan lebih yang baik lagi, jangan pilih kasih karena koperasi dari anggota dan untuk anggota .
- Terima kasih atas masukannya, ini akan menjadi pembelajaran bagi kita, insyaallah tidak ada pilih kasih dalam hal ini.
- Undian hadiah bagi anggota tiap bulan.
- Undian hadiah sudah ada , bagi yang ikut arisan
- Sebaiknya di butuhkan penertiban dalam memasukkan nama anggota .
- Mohon maaf, bila ada keslahan penulisan nama, gelar agar segera dikonfirmasikan ke koperasi.
- RAT di usahankan pelaksanaannya minggu pertama di bulan januari .
- Kita akan mengusahakan untuk tahun depan.
- Untuk deposito kenapa dibatasi , Padahal anggota yang ingin melakukan deposito banyak.
- Itu merupakan kebijakan pengurus, dengan melihat kondisi keuangan koperasi, bila keuangan cukup untuk dipinjamkan, maka deposito bisa ditutup sementara, tapi apabila untuk tambahan , maka deposito akan dibuka kembali.
- Penjualan barang termasuk elektonik perlu diadakan dan ditawarkan secara proaktif.
- Kita sudah mengusahakan, akan tetapi anggota lebih cenderung meminjam uang dengan alasan lebih bebas dan leluasa untuk memilih.
- Bidang pertokoan , agar stok barang dilengkapi sehingga pembeli bisa leluasa untuk memilih.
- Terima kasih atas masukannya, kita usahakan , tetapi mengingat kalau kita memiliki stock barang lebih memungkinkan barang rusak / expaed date ( kadalauarsa ) lebih besar, Pembeli berkurang dengan sistem gaji lewat ATM
- Ruang koperasi kecil perlu diperluas.
- Sebenarnya kita sudah terima kasih & alhamdulillah dikasih temapt oleh Dinas kesehatan.
- Mohon pintu utara toko koperasi selalu di buka agar konsumen / pembeli dari luar bisa menikmati pelayanan toko koperasi sehingga mendapat income lebih banyak.
- Iya..terima kasih, atas masukannya dan akan mengusahakan
- Karyawan koperasi jangan sering masuk dong, kasihan yang mau berkepentingan, tolong ditegur ibu ketua, karyawan yang sering tidak masuk.
- Sebenarnya selama ini untuk karyawan yang ijin sudah sesuai prosedur, dan memang mempunyai alasan yang bisa diterima
- RAT tidak usah diadakan sebab menghabiskan anggaran sebaiknya SHU anggota ditambah supaya anggota tambah sejahtera.
- Tidak bisa, Karena RAT wajib dilaksanakan 1 tahun sekali ( januari s/d maret) sesuai AD-ART koperasi dan merupakan bentuk pertanggungjawaban pengurus setiap tahunnya.
- Mohon Fasilitas ATM Bank Jatim di Dinas Kesehatan Kota Probolinggo.
- Akan kami koordinasikan dengan pihak Bank Jatim
- Deposit di batasi maksimal berapa biar tidak overload sampai menutup deposit ini kan koperasi yang punya modal besar berkuasa jadi semua bisa merasakan.
- Terima kasih atas masukannya dan akan kami tindaklanjuti, biar banyak anggota yang berkesempatan untuk mendepositokan dananya.
(
## menurut anggota, berapa jumlah deposito )
SARAN-SARAN TERTULIS DARI ANGGOTA
RAT TAHUN 2011
PERTOKOAN
- Mohon diperbanyak isi toko dengan kebutuhan pokok dan sekunder yang lain ( bervariasi )?
Jawab :
- Saran diterima terima kasih, Insyaallah akan diusahakan , Pengurus akan melakukan pendekatan dengan Dinas Kesehatan mengenai ruang pertokoan yang sempit sehingga adanya renovasi dan perluasan ruangan.
- Pengurus dan karyawan akan melakukan penataan/ layout ulang terhadap penataan isi toko sehingga diharapkan adanya kemudahan pada anggota dalam mencari kebutuhan barang.
- Apa kredit untuk toko-toko seluler, bisa nggak ya ?
Jawab : Bisa......!
- Anggota dipersilahkan untuk melakukan kridet pada unit pertokoan sebesar harga barang pada toko elektronit / seluler dengan sistim pembayaran cicilan maksimal selama 1 tahun.
SHU
- SHU yang banyak , biar anggota senang..?
Jawab : Bisa......!
- Besar kecilnya SHU tergantung pada : Peran serta anggota dalam kegiatan usaha koperasi ; simpan pinjam dikoperasi, sering belanja dikoperasi dan simpanan pokok & wajib Anggota.
- Mohon Pembangian SHU sesuaikan dengan perhitungan yang tepat berdasarkan peran serta anggota , jangan asal membagi yang ternyata tdk sesuai...?
Jawab : Tidak benar kalau asal-asalan.....!
- Dalam pembagian SHU, kami sesudah sesuaikan dengan persentase atau proporsi anggota terhadap aktivas usaha koperasi.
- Pengurus dalam pembagian SHU sudah menggunakan tenaga auditor , sehingga besar kecil nilai SHU sudah sesuai dengan peran serta anggota terhadap koperasi.
DOOR PRIZE
- Macam Door prize yang banyak biar anggota semangat untuk RAT..?
Jawab : Betul.........!
- Untuk tahun ini doo prize yang diberitakan pada anggota sudah banyak , ada 70 jenis hadiah yang diberikan pada anggota, termasuk 10 hadiah utama kalau dbandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya sudah ada peningkatan jumlah dan jenis door prize yang diberikan pada anggota.
BINGKISAN
- Bingkisan untuk anggota nilainya ditambah agar lebih menarik dan bermamfaat ?
Jawab : Akan diusahakan.....!
- Namun perlu diketahui bahwa nilai jasa diterima oleh koperasi nilainya tetap, sementara nilai barang terus mengalami kenaikan harga, ini nantinya akan disesuaikan dengan kondisi pasar .
- Nilai yang diberikan pada anggota bisa bertambah, asal anggota juga menambah nilai pokok tabungan.
- Kalender Foto kegiatan Dinas Kesehatan dan Puskesmas. ?
Jawab : Bisa.....!
- Masukan bisa diterima, pengurus akan mengusahakan , namun akan melihat terlebih dahulu pembiayaan, karena secara otomatis akan mengurangi nilai SHU anggota , walaupun itu kecil kemungkinan.
SIMPAN PINJAM
- Kalau bisa deposito dibuat 3 bulanan, jangan 6 bulanan saja sampai akhir cicilan...?
Jawab : Tidak mungkin.....!
- Deposito jangka waktu pendek, koperasi masih belum bisa melayaninya, karena ini terkait dengan perputaran keuangan yang ada dikoperasi.
- Suku bunga jangan menurun , usahan tetap dari awal ..?
Jawab : tidak Bisa.....!
- Karena sudah dari awal-awalnya ketentuan sudah diberlakukan seperti itu. ( turun temurun ), sehingga pengurus masih belum bisa mengubahnya.
- Mengapa Untuk magang pinjaman jangan di batasi nominalnya dan jangka pembayarannya...?
Jawab :
- Untuk Anggota yang berstatus magang atau kontrak memang dibatasi nominalnya dan jangka pembayaran karena disesuaikan dengan gaji yang diterima dan masa kontraknya.
- Untuk tenaga magang masih diberikan pinjaman maksimal 5 juta, dengan alasan jika melebihi angka tersebut akan memberatkan angsuran pada koperasi.
TABUNGAN
- Kasih Reward bagi penabung terbesar yang bukan anggota.
Jawab :
- Sebenarnya untuk penabung sudah mendapatkan bagi hasil yang dinikmati oleh anggota tersebut.
- Tabungan hari raya diberikan awal puasa.
Jawab : akan di usahakan...
- Tabungan Deposito mohon ditambah hadiah ??
Jawab :
- untuk deposito nilai bungan yang diberikan pada anggota sudah diatas rata-rata ( tinggi ) 1% / bulan
PENGURUS
- Mohon infonya tentang koperasi disebarluaskan, karena anggota banyak yang baru ?
Jawab : akan diusahan .
- Informasi tentang koperasi anggota dapat langsung datang ke koperasi bisa menanyakan tentang koperasi secara langsung pada karyawan atau koordinator di puskesmas.
- Informasi juga dapat di akses melalui internet dengan alamat : www.kprikaryahusada.com.
- Untuk tahun 2012, Rencana pengurus akan melakukan sosialisasi ke puskesmas.
- dibentuk kantin yang mengelola koperasi yang menjual makanan & minuman tapi pelayannya tersendiri, bukan mbak siti dan mbak naning.
Jawab : Tidak mungkin.....!
- Lokasi dan tempat dimemadai / sempit untuk menjual makanan & minuman ( kantin )
- Perlu ada inovasi baru sehingga kegiatan usaha koperasi terus berjalan & berkembang , memberikan kredik lunak dan bunga ringan khusus untuk usaha / wirausaha dengan sistim bagi hasil.
Jawab : untuk sekarang masih belum bisa.....!
- Tapi ini masukan masukan yang bagus dan akan dikoordinasikan lebih lanjut.
- Diadakan Rekreasi Anggota Koperasi ( out bond ), kalau ada tambahan dana untuk koperasi kami siap, agar lebih kenal dengan anggota lainnya.
Jawab : diserahkan ke anggota.....!
- Karena , perlu adanya kepanitiaan tersediri pada kegiatan ini,
- Pengelola SP dan pertokoan harap dilengkapi sesuaikan dengan AD-ART.
Jawab : diserahkan keanggota.....!
- Masukan dari pengurus :
- Pada dasar koperasi sudah mempunyai tenaga auditor yang mungkin perannya bisa juga merangkap sebagai pengelola.
- Selama ini permasalahan yang ada dikoperasi masih bisa ditangani oleh pengurus.
- Menghemat biaya dan waktu.
- Pengurus koperasi tidak inovatif, kurang gebrakan-gebrakan program-program baru yang nisa membesarkan koperasi dan mensejahterakan anggota
Jawab : Terima kasih.....!
- Masukan bisa diterima, pengurus akan memperhatikan & mengusahakan program-program inovatif yang mensejahterakan anggota.
- Mohon koperasi dilengkapi alat hitung uang.
Jawab : akan diusahakan...?
- Mohon karyawan diberi jatah cuti dalam satu tahun dengan catatan karyawan jangan sering tidak masuk
Jawab : diserahkan keanggota.....!
ANGGOTA
- Mohon dianggarkan seragam koperasi untuk anggota biar anggota koperasi terlihat kompak waktu RAT.?
Jawab : diserahkan keanggota.....!
wah ada kemajuan..... saran koperasi lewat website..., yang penting SHUnya..BOSSSS>>>
BalasHapus