SARAN-SARAN TERTULIS
DARI ANGGOTA
DARI ANGGOTA
PERTOKOAN
- Mohon diperbanyak isi toko dengan kebutuhan pokok dan sekunder yang lain ( bervariasi )?
Jawab :
- Saran diterima terima kasih, Insyaallah akan diusahakan , Pengurus akan melakukan pendekatan dengan Dinas Kesehatan mengenai ruang pertokoan yang sempit sehingga adanya renovasi dan perluasan ruangan.
- Pengurus dan karyawan akan melakukan penataan/ layout ulang terhadap penataan isi toko sehingga diharapkan adanya kemudahan pada anggota dalam mencari kebutuhan barang.
- Apa kredit untuk toko-toko seluler, bisa nggak ya ?
Jawab : Bisa......!
- Anggota dipersilahkan untuk melakukan kridet pada unit pertokoan sebesar harga barang pada toko elektronit / seluler dengan sistim pembayaran cicilan maksimal selama 1 tahun.
SHU
- SHU yang banyak , biar anggota senang..?
Jawab : Bisa......!
- Besar kecilnya SHU tergantung pada : Peran serta anggota dalam kegiatan usaha koperasi ; simpan pinjam dikoperasi, sering belanja dikoperasi dan simpanan pokok & wajib Anggota.
- Mohon Pembangian SHU sesuaikan dengan perhitungan yang tepat berdasarkan peran serta anggota , jangan asal membagi yang ternyata tdk sesuai...?
Jawab : Tidak benar kalau asal-asalan.....!
- Dalam pembagian SHU, kami sesudah sesuaikan dengan persentase atau proporsi anggota terhadap aktivas usaha koperasi.
- Pengurus dalam pembagian SHU sudah menggunakan tenaga auditor , sehingga besar kecil nilai SHU sudah sesuai dengan peran serta anggota terhadap koperasi.
DOOR PRIZE
- Macam Door prize yang banyak biar anggota semangat untuk RAT..?
Jawab : Betul.........!
- Untuk tahun ini doo prize yang diberitakan pada anggota sudah banyak , ada 70 jenis hadiah yang diberikan pada anggota, termasuk 10 hadiah utama kalau dbandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya sudah ada peningkatan jumlah dan jenis door prize yang diberikan pada anggota.
BINGKISAN
- Bingkisan untuk anggota nilainya ditambah agar lebih menarik dan bermamfaat ?
Jawab : Akan diusahakan.....!
- Namun perlu diketahui bahwa nilai jasa diterima oleh koperasi nilainya tetap, sementara nilai barang terus mengalami kenaikan harga, ini nantinya akan disesuaikan dengan kondisi pasar .
- Nilai yang diberikan pada anggota bisa bertambah, asal anggota juga menambah nilai pokok tabungan.
- Kalender Foto kegiatan Dinas Kesehatan dan Puskesmas. ?
Jawab : Bisa.....!
- Masukan bisa diterima, pengurus akan mengusahakan , namun akan melihat terlebih dahulu pembiayaan, karena secara otomatis akan mengurangi nilai SHU anggota , walaupun itu kecil kemungkinan.
SIMPAN PINJAM
- Kalau bisa deposito dibuat 3 bulanan, jangan 6 bulanan saja sampai akhir cicilan...?
Jawab : Tidak mungkin.....!
- Deposito jangka waktu pendek, koperasi masih belum bisa melayaninya, karena ini terkait dengan perputaran keuangan yang ada dikoperasi.
- Suku bunga jangan menurun , usahan tetap dari awal ..?
Jawab : tidak Bisa.....!
- Karena sudah dari awal-awalnya ketentuan sudah diberlakukan seperti itu. ( turun temurun ), sehingga pengurus masih belum bisa mengubahnya.
- Mengapa Untuk magang pinjaman jangan di batasi nominalnya dan jangka pembayarannya...?
Jawab :
- Untuk Anggota yang berstatus magang atau kontrak memang dibatasi nominalnya dan jangka pembayaran karena disesuaikan dengan gaji yang diterima dan masa kontraknya.
- Untuk tenaga magang masih diberikan pinjaman maksimal 5 juta, dengan alasan jika melebihi angka tersebut akan memberatkan angsuran pada koperasi.
TABUNGAN
- Kasih Reward bagi penabung terbesar yang bukan anggota.
Jawab :
- Sebenarnya untuk penabung sudah mendapatkan bagi hasil yang dinikmati oleh anggota tersebut.
- Tabungan hari raya diberikan awal puasa.
Jawab : akan di usahakan...
- Tabungan Deposito mohon ditambah hadiah ??
Jawab :
- untuk deposito nilai bungan yang diberikan pada anggota sudah diatas rata-rata ( tinggi ) 1% / bulan
PENGURUS
- Mohon infonya tentang koperasi disebarluaskan, karena anggota banyak yang baru ?
Jawab : akan diusahan .
- Informasi tentang koperasi anggota dapat langsung datang ke koperasi bisa menanyakan tentang koperasi secara langsung pada karyawan atau koordinator di puskesmas.
- Informasi juga dapat di akses melalui internet dengan alamat : www.kprikaryahusada.com.
- Untuk tahun 2012, Rencana pengurus akan melakukan sosialisasi ke puskesmas.
- dibentuk kantin yang mengelola koperasi yang menjual makanan & minuman tapi pelayannya tersendiri, bukan mbak siti dan mbak naning.
Jawab : Tidak mungkin.....!
- Lokasi dan tempat dimemadai / sempit untuk menjual makanan & minuman ( kantin )
- Perlu ada inovasi baru sehingga kegiatan usaha koperasi terus berjalan & berkembang , memberikan kredik lunak dan bunga ringan khusus untuk usaha / wirausaha dengan sistim bagi hasil.
Jawab : untuk sekarang masih belum bisa.....!
- Tapi ini masukan masukan yang bagus dan akan dikoordinasikan lebih lanjut.
- Diadakan Rekreasi Anggota Koperasi ( out bond ), kalau ada tambahan dana untuk koperasi kami siap, agar lebih kenal dengan anggota lainnya.
Jawab : diserahkan ke anggota.....!
- Karena , perlu adanya kepanitiaan tersediri pada kegiatan ini,
- Pengelola SP dan pertokoan harap dilengkapi sesuaikan dengan AD-ART.
Jawab : diserahkan keanggota.....!
- Masukan dari pengurus :
- Pada dasar koperasi sudah mempunyai tenaga auditor yang mungkin perannya bisa juga merangkap sebagai pengelola.
- Selama ini permasalahan yang ada dikoperasi masih bisa ditangani oleh pengurus.
- Menghemat biaya dan waktu.
- Pengurus koperasi tidak inovatif, kurang gebrakan-gebrakan program-program baru yang nisa membesarkan koperasi dan mensejahterakan anggota
Jawab : Terima kasih.....!
- Masukan bisa diterima, pengurus akan memperhatikan & mengusahakan program-program inovatif yang mensejahterakan anggota.
- Mohon koperasi dilengkapi alat hitung uang.
Jawab : akan diusahakan...?
- Mohon karyawan diberi jatah cuti dalam satu tahun dengan catatan karyawan jangan sering tidak masuk
Jawab : diserahkan keanggota.....!
ANGGOTA
- Mohon dianggarkan seragam koperasi untuk anggota biar anggota koperasi terlihat kompak waktu RAT.?
Jawab : diserahkan keanggota.....!